#16 Material Yang Termahal di Dunia

12:58 AM

Pasti banyak yang tidak menyangka bahwa ada material yang lebih mahal daripada emas dan berlian. Berikut #16 material yang termahal sejagad, dimulai dari yang termurah :

#16. Safron,  $ 11 /gram
Safron adalah rempah-rempah yang berasal dari bunga Crocus Sativus, yang memiliki aroma bagaikan madu. Sering digunakan sebagai pewarna masakan dan penambah aroma.

#15. Emas, harga $ 56/gram

Emas adalah logam yang mengkilap dan berwarna kuning. Emas digunakan sebagai standar keuangan dari berbagai negara dan juga sebagai perhiasan dan dapat digunakan sebagai konduktivitas listrik dan ketahanan terhadap korosi

#14. Rhodium $ 58/gram

Rhodium adalah barang langka, putih keperakan dan keras. Rhodium yang masuk dalam kelompok platinum ini banyak digunakan sebagai katalisator untuk mengurangi emisi karbon mobil. 

#13. Platinum $ 60/gram

Platinum atau platina adalah logam yang berat dan berharga, berwarna putih keabu-abuan. Banyak digunakan untuk perhiasan, peralatan laboratorium, gigi dan kontrol emisi mobil

#12. Methamphetamine $ 100/gram

Methamphetamine atau lebih dikenal dengan nama sabu-sabu, adalah sebagai obat adiktif dalam bidang kedokteran yang banyak disalahgunakan menjadi barang narkoba. 

#11. Cula Badak $ 110/gram

Cula badak banyak dipergunakan untuk pengobatan. Sehingga badak di dunia mulai terancam kepunahannya karena sering diburu.

#10. Heroin $ 130/gram

Heroin berasal dari bunga opium, yaitu bunga yang tumbuh di iklim panas seperti asia. Banyak disalahgunakan menjadi barang terlarang.

#9. Kokain $ 215/gram

Kokain atau kokaina didapatkan dari tumbuhan koka yang berasal dari Amerika Selatan. Daunnya biasa dikunyah penduduk setempat untuk mendapatkan efek stimulan.

#8. LSD $ 3000/gram

LSD atau Asam lisergat dietilamida adalah merupakan suatu narkotika halusinogen.Diperkenalkan oleh Sandoz Laboratories (kini Novartis), dengan nama dagang Delysid, sebagai obat dengan berbagai penggunaan psikiatrik pada tahun 1947, Saat itu obat ini juga menjadi harapan besar dalam dunia pengobatan khususnya psikologis. Di Indonesia banyak sekali sebutan bagi obat ini, diantaranya acid, elsit. 

#7. Plutonium $ 4000/gram

Plutonium adalah merupakan unsur radioaktif transuranium yang langka dan merupakan logam aktinida dengan penampilan berwarna putih keperakan. Ketika terpapar dengan udara, ia akan mengusam oleh karena pembentukan plutonium(IV) oksida yang menutupi permukaan logam. Dan Plutonium juga merupakan racun radiologis yang dapat berakumulasi dalam sumsum tulang.

#6. Painite $ 9000/gram atau $ 1800/karat

Pada tahun 2005 The Guinness Book of World Records menyebutkan bahwa Painite adalah mineral batu permata yang paling langka di dunia. Pertama kali ditemukan di Myanmar tahun 1950 an oleh ahli mineral Inggris, Arthur C. D. Pain.

#5. Taffeit $ 20,000/gram atau $ 4000/karat

 Penemunya adalah Richard Taaffe (1898-1967) yang menemukan potongan pertama dan permata yang dipoles pada November 1945

#4. Tritium $ 30,000/gram

Tritium adalah salah satu isotop radioaktif dari hidrogen dan merupakan salah satu daripada tiga bentuk isotop hidrogen yang terdiri daripada protium, deuterium, dan tritium.

Dan tempat yang ketiga dipegang oleh Berlian.......

#3. Berlian 55,000/gram

Semua pasti sudah mengenal berlian. Berlian berbentuk kristal keras yang banyak dipergunakan sebagai perhiasan mahal.

#2. Kalifornium $ 27 juta/gram

Kalifornium adalah suatu unsur kimia logam radioaktif pertama yang dibuat pada tahun 1950 di Lab Radiasi Universitas California di Berkeley yaitu dengan membombardir curium dengan partikel alpha. Isotop Kalifornium digunakan dalam perangkat yang menemukan lapisan minyak dan air di sumur minyak

Dan yang terakhir yang paling mahal dan langka sejagad raya adalah :

#1. Antimateri $ 62,5 trilliun/gram

Antimateri adalah sebuah materi yang terdiri dari antipartikel dari partikel yang menyusun materi biasa. Bila sebuah partikel dan antipartikelnya menyentuh satu sama lain, keduanya akan saling memusnahkan, artinya keduanya diubah menjadi partikel-partikel lain dengan energi yang sama menurut persamaan Einstein E=mc².
Energi yang dihasilkan dari tumbukan partikel tersebut ternyata sangatlah luar biasa. Hanya dengan 1 kg antimateri saja setara dengan 3.000 bom atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima, Jepang. 

You Might Also Like

0 comments

Followers